Tips dan Triks Mendapatkan Beasiswa Autralian Development Scholarship (ADS)

Beberapa kali saya ditanya tentang tips and trik mendapatkan Beasiswa Ausaid. Alhamdulillah, tahun 2006-2007 saya mendapatkan beasiswa tersebut untuk melanjutkan program master saya. Tahun ini saya kembali diberikan kesempatan untuk melanjutkan S3 dengan beasiswa yang sama. Apa sebenarnya kiat-kiatnya? Di sini saya mencoba berbagi pengalaman tentang isi mengisi formulir dan wawancara yang pernah saya jalani yang mungkin bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian.

Persiapan awal

Untuk program S2 kunci utamanya ada di pengisian formulir. Jelas ya…emang apa lagi? Dalam pengisian formulir dibutuhkan perenungan yang dalam. Saya sendiri waktu itu membutuhkan waktu dua minggu atau bahkan lebih untuk berfikir, mengisi form dan melengkapi persyaratan lainnya. Jadi dari sisi kesiapan intinya adalah persiapkan usahakan jauh-jauh hari dilakukan sebelum batas akhir pengiriman dokumen. Targetkan bahwa dokumen tersebut maksimal akan terkirim seminggu sebelum batas akhir. Dengan persiapan yang cukup tentu akan memacu segenap energi, daya fikir dan ingatan untuk bisa lebih banyak mengeksplorasi jawaban-jawaban. Selain itu, yang lebih penting adalah memperbaiki kosa kata atau kalimat agar jawaban yang kita tuliskan bisa dipahami oleh tim penilai sebagaimana yang kita maksud. Dalam penilaian memang bahasa inggris tidak diutamakan. Tapi, keberhasilan kita menyampaikan gagasan tentu akan lebih baik jika kita mempunyai kemampuan berbahasa inggris baik tulisan maupun lisan dengan baik.

Mengisi Formulir

Secara umum formulir untuk setiap beasiswa sama saja yang ditanyakan. Pertama, pertanyaan umum sebagaimana isi mengisi biodata pribadi. Kedua, pertanyaan tentang diri kita terkait dengan institusi tempat kita bekerja, tanggung jawab alias tugas sehari kita saat ini ataupun sebelumnya. Ketiga terkait dengan masa depan khususnya rencana studi kedepan, mengapa memilih program studi tersebut, apa hubungan antara studi dengan background pekerjaan, dan apa manfaat program studi tersebut ketika kita kembali ke Indonesia. Keempat terkait dengan mengapa memilih studi di tempat tujuan dalam hal ini pertanyaan ke-australiaan.

Untuk pertanyaan pertama dan kedua yakin anda pasti bisa menjawabnya dengan lancar. Untuk pertanyaan ketiga dan keempat ini lah yang kita butuh waktu untuk men-search baik dari web ataupun pengalaman rekan-rekan yang pernah belajar ke sana. Lebih dari pada itu untuk menjawab pertanyaan tersebut yang paling terlebih dahulu dilakukan adalah menanyakan kepada diri sendiri terkait dengan apa yang kita inginkan.

Tips sederhana adalah bagaimana menetapkan program studi yang kita inginkan. Tentu dalam menetapkan apa yang kita inginkan ini juga harus ditopang dengan background pendidikan, pekerjaan, pengalaman. Jadi upayakan untuk memilih program studi yang me-link-kan anda dengan ketiga hal yang saya sebutkan tadi. Background pendidikan, pekerjaan dan pengalaman. Jika anda menetapkan program studi sesuai dengan keinginan tapi tidak didukung background pendidikan ataupun pekerjaan tentu akan menjadi pertanyaan tim penilai. Tentu ini juga akan mempengaruhi jawaban-jawaban pertanyaan anda selanjutnya. Kalaupun background pendidikan anda tidak mendukung minimal pekerjaan anda saat ini sinkron dengan program studi yang akan di ambil.

Saya sendiri sewaktu mengambil program S2 memilih program Public Administration. Latar belakang pendidikan saya Accounting dan bekerja di Badan Pengawasan Keungan dan Pembangunan yang lebih banyak melakukan audit. Public administration lebih dekat dengan ilmu kepemerintahan secara umum sementara accounting lebih berfokus pada penyajian laporan keuangan. Namun, karena saat itu kantor saya sedang mengalami transformasi peran dan fungsi yang lebih mengarah pada pembinaan kapasistas pemerintah daerah dalam hal tata kelola pemerintahan yang baik makanya saya mencoba untuk memasuki dunia administrasi publik. Kebetulan saat itu saat saya menyelesaikan program DIV memberikan saran untuk mengambil jurusan tersebut. Jadilah program tersebut mengobsesi saya.

Jadi, meskipun tidak selaras 100% dengan background pendidikan dan pekerjaan tapi paling tidak mengarah pada keselarasan tersebut.

Langkah selanjutnya setelah melihat keselarasan pilihan dengan apa yang anda miliki, cobalah untuk memahami, mengerti dan mencari informasi sedetailnya tentang program yang akan anda ambil tersebut. Kita bisa search di website universitas-universitas yang menawarkan program tersebut. Lihat secara detail pelajaran-pelajaran apa yang akan anda pelajari, kemana program tersebut di arahkan, berapa lama programnya. Pemahaman mengenai hal ini akan memudahkan anda untuk mengisi formulir karena semakin banyak informasi tentang program studi semakin banyak dan semakin tepat kalimat-kalimat yang akan kita tuliskan dalam formulir. Sebagai salah satu contoh jawaban saya:

What skills and knowledge do you hope to gain and how do you propose to use them?

I hope studying in australia will improve my skill in conducting research in governance so that I can provide better recommendation in improving local government administration. I also hope that my study will enrich my knowledge in public administration specifically in improving local government performance. One of service provided by my organisation is working with local government to improve accountability. Having these skills and excellent knowledge in managing government will enable me to give effective recommendation to local governments.

Jawaban saya di atas mengaitkan antara apa yang ingin saya capai ke depan, manfaat untuk tempat kerja dan stakholder instansi saya dan apa yang akan saya lakukan kedepan.

How will the proposed training be of benefit to Indonesia?

Pertanyaan di atas menghendaki aplicant untuk menjelaskan manfaat program studi yang akan diambil dan manfaatnya untuk negeri kita tercinta. Intinya sih mengapa kita harus diberikan beasiswa. Jawaban saya seperti ini.

Indonesian local governments have implemented outcome based performance since 1999. Many resources has been used to implement outcome-based performance. Nevertheless, the implementation seems to be fail to meet its objective. Evaluation on on performance accountability system, under which performance measurement implemented, suggests that most local government score is less than fifty percent or poor. The outcome of my research is to design better performance measurement methodology and strategy so that improving government, both central and local, accountability and performance can be achieved.
Karena saya mengambil riset khususnya terkait dengan pengukuran kinerja instansi pemerintah maka saya mencoba untuk melihat aspek manfaat apa yang bisa saya berikan terkait dengan program yang akan saya ambil. Pemahaman seperti ini saya peroleh karena kebetulan selama saya mendapat penugasan dari kantor terkait implementasinya termasuk permasalahan-permasalahannya cukup saya kuasai.

Jadi, akan lebih mudah ketika anda mengambil program studi yang ‘dekat’ dengan kehidupan anda. Hal ini akan memudahkan kita untuk menghubungkan kita dengan masa lalu, masa kini dan masa depan.
Terkait dengan pertanyaan ke-australia-an:
Why do you want to study in Australia?

Karena saya pernah belajar ke Australia dan saya mengetahui penerapan reformasi birokrasi di sana makanya saya jawab begini.

Australia is one of the leading country in reforming its bureaucracy. Studying in australia enables me to learn the practice of public sector reform. My experience studying in Australia suggests that I do not only learn at the university but also see the practice of better service delivery which I can take as a reference for improving public service in Indonesia. Hence, studying in Australia will give me some insight about many kinds of better practice in governance which I can learn and intend to recommend to local governments which I work with after I come back to Indonesia.

Namun, anda tak perlu/harus kesana dulu untuk mendapatkan alasan yang pas mengapa kita memilih Australia. Anda cukup mencarinya di mbah google aspek-aspek apa yang menarik. Akan lebih baik dan sebaiknya diusahakan bahwa alasan tersebut bisa kita kaitkan dengan program studi yang akan anda ambil.
Kalau masih ada hal-hal yang masih perlu diperjelas silakan ditanyakan melalui blog ini.

Setelah Mengirim Dokumen

Setelah dokumen dikirim ke kantor ADS berarti satu tugas mulia telah terselesaikan. Tapi bukan berarti tinggal ongkang-ongkang kaki menunggu takdir atas usaha yang telah kita kerahkan. Akan bermanfaat jika kita melakukan persiapan wawancara. Memang benar, belum ada kepastian apakah kita akan diterima atau tidak. Inilah yang terkadang membuat kita ragu-ragu atau malas untuk melakukannya. Latihan apa saja yang bisa kita lakukan? Pertama tentu saja persiapan IELTS. Buat anda yang belum terbiasa test IELTS karena dalam aplikasi kita bisa memasukkan skor toefl maka terkadang saat kita dinyatakan lulus berkas saat itulah pertama kali kita melakukan test IELTS.

Oya, mengapa saya sarankan untuk melakukan pendalaman pra wawancara ya karena rentang waktu antara pengumuman dengan wawancara teramat pendek alias sekitar 6 minggu. Bagi anda para pegawai tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri karea biasanya kita baru mempunyai waktu untuk mempelajari IELTS ataupun persiapan saat tengah malam tiba.

Wawancara

Begitu anda dinyatakan lulus berkas jelas yang harus disiapkan adalah latihan atau melakukan simulasi wawancara. Saya sendiri waktu itu karena belum pernah mengikuti test IELTS segera menghubungi lembaga kursus untuk memperdalamnya. Keuntungannya, selain untuk mempersiapkan diri kita juga bisa melihat peta kekuatan ‘lawan’. Biasanya para calon penerima beasiswa juga melakukan hal yang sama yaitu segera menghubungi tempat kursus. Jadi kita bertemu dengan para calon peserta joint selection test. Kemudian, seperti yang saya katakan di atas, lakukan simulasi wawancara dengan rekans atau anda sendiri.

Caranya?

Kita mencoba menggali kira-kira pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan. Selanjutnya, coba jawablah pertanyaan tersebut secara lisan. Mungkin kita akan mengalami kesulitan atau kalimat yang kita sampaikan tidak seperti yang kita fikirkan. Ya..karena bahasa yang kita gunakan adalah bahasa Inggris makanya perlu dilatih secara terus menerus. Lalu, bagaimana pemecahannya? Buatlah script dan hafalkan. Sepertinya text book sekali tapi yakinlah begitu anda mampu menghafal anda akan bisa mengembangkan dengan bahasa sendiri dan semakin hari gagasan yang kita sampaikan semakin sempurna. Dua kali lulus berkas saya lakukan hal ini setiap pagi sekitar satu jam sebelum memulai pekerjaan. Alhamdulillah saat wawancara tiba kita merasa pede dan kalimatpun mengalir dengan lancar dan terstruktur. Terkait dengan pertanyaan yang harus dikuasai tentu adalah pertanyaan yang ada di formulir. Kemudian, coba kembangkan lagi dengan membuat pohon kemungkinan.

Untuk sementara sekian dulu dan semoga bermanfaat….
Tips untuk mendapatkan beasiswa S3 akan saya tulis dalam waktu dekat…

134 thoughts on “Tips dan Triks Mendapatkan Beasiswa Autralian Development Scholarship (ADS)

  1. I will come to your home to ask more about the that sista. salam sama etta cambang ehehehe meskipun sering ketemu di sekolah

  2. wah, kak ana, kalo membaca kiat-kiat di atas, aku pikir seperti saat aku mempersiapkan suatu ajang kompetisi/lomba, dimana aku juga mempersiapkan pengisian formulir dengan benar, lalu buat Q & A, latihan tanya jawab dewan juri, dst, krn persiapan yg matang akan membantu kepercayaan diri kita saat melaksanakan kompetisi, tks ya kak ana atas kiat-kiat di atas, impianku agar bs spt kak ana smoga terwujud, amin

    1. benar amira, prosesnya sangat panjang dan kita juga butuh energi yang banyak untuk mempersiapkan segalanya. Para pemenang adalah mereka yang sanggup menjalaninya dengan kesabaran karena dibutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan biaya. Sama-sama Amira, saya juga pingin cita2ku punya anak berprestasi seperti amira (btw anakku namanya sama: amira fatiha ahmad umurnya 7 tahun kelas 2 SD) memberi kekuatan untuk tetap sabar dan kuat menjalani proses menuju sukses yang sangat panjang.

  3. Mbak Ana, untuk seleksi ADS (seperti pengumuman pembukaan pendaftaran, pengiriman dokumen dan lain sebagainya) klo PNS biasanya melalui instansi kita atau langsung dengan pihak panitia ADS ya ??

    1. klo di instansi vertikal biasanya ada pengumumannya. tapi jangan mengandalkan informasi dr instansi krn biasanya telat dan pada detik2 terakhir menjelang deadline biasanya baru ada apalagi buat kita yang ada di daerah. makanya, lebih baik selalu update info di webnya ads. klo tahun lalu bulan maret sudah ada aplikasinya dan ditutup sekitar pertengahan/akhir agustus

  4. Assalamu’alaikum Mba Ana,
    Dalam rangka mempersiapkan ADS intake 2014, ada satu point lagi yang ingin saya tanyakan mbak, mohon kiranya bisa memberikan saya pencerahan ^_^.
    1. Di Application Form ADS ada kolom “Proposed Study Program”. Nah di situ ada Priority Development Area (PDA) dan Priority Fields of Study (PFS). Kalo background S1 Public Administration trus mau apply ADS nya master of public policy and management (Insya Allah msh linier), yang bikin agak sedikit bingung adalah menentukan PDA dan PFS nya. Klo misal saya pilih PDA nya Democracy Justice and Good Governance dan PFS nya Public Sector Reform kira-kira masuk ngga ya mbak ? mengingat di BPK (tempat kerja) saat ini kan juga sedang mencanangkan reformasi birokrasi.
    2. Mungkin ngga mbak dengan program study yang sama tapi pilihan PFS nya beda. Misal si A memilih master of public policy tapi PFS nya Political Science and Government kemudian si B dengan ambil program yg sama yaitu master of public policy tapi PFS nya public sector reform.

    Terima kasih banyak sebelumnya

    1. waalaikum salam, pilihan mbak nita sama dengan pilihan saya waktu ambil master dulu, dengan pda democracy, justice….dan pfs public sector reform. untuk pertanyaan kedua jawabannya bisa. karena sebenarnya untuk public sector reform sendiri program course yang ada di universitas adanya public policy atau public administration.

  5. Assalamualaikum, mba ana saya tertarik ikut ADS, di bidang small and medium enterprise, bidang ini memang tidak ada hubungannya dengan S1 (pertanian) saya, tapi berhubungan dengan pekerjaan saya 10 th terakhir apakah saya ada kans untuk ini? benarkah IPK tidak begitu berpengaruh? IPK saya dibwah standar cuma 2.84. mohon informasinya, termakasih, wassalamualaikum

    1. Terima kasih mas arif sudah berkunjung ke blog saya. intinya sih bagaimana kita bisa meyakinkan bahwa program studi yang kita ambil bisa memberi manfaat buat indonesia secara umum. nah, program studi yang akan diambil mas arrif masih berhubungan dengan pekerjaan jelas kans nya besar tinggal disiapkan saja jawaban yang mantap ntuk pertanyaan mengapa memilih program studi tersebut. Klo masalah IP memang ads menetapkan minimal dibawah 2.9, saya sendiri tidak tau apakah ada yang dibawah 2,9 lolos beasiswa. yang saya maksudkan disini lebih kepada IP 2,9 keatas jadi tidak ada bedanya antara aplicant yang IP 2,9 dengan 3,5 dua-duanya kansnya sama.

      smoga membantu,

  6. Assalamualaikum Mbak Ana, saya sangat terinspirasi dengan tulisan di blok Mbak Ana mengenai ADS. Saya jadi pengen apply beasiswa ini juga tahun ini, tapi ada beberapa hal yang masih membuat saya bingung dalam pengiriman aplikasi dan dokumen yang diperlukan. Misalnya:
    1. Di buku panduan Australia Awards, dicantumkan bahwa legalisir ijasah dan transkrip harus berbahasa inggris “I certify this to be a true copy of the document shown and reported to me as the original” , tapi di kampus tempat saya belajar dulu, layanan legalisir berbahasa inggris tidak ada, jadi menurut Mbak Ana bagaimana?
    2. Terus, apakah legalisir untuk transkrip dan ijasah yang sudah diterjemahkan dalam bahasa inggris harus dilakukan di kampus tempat saya kuliah dulu atau hanya dari lembaga penerjemah yang menerjemahkan transkrip dan ijasah saya?
    3. Di application formnya kan ada batasan berapa kata atau karakter dalam menjawab pertanyaannya, bagaimana kalau jawaban kita melebihi batasan tersebut?
    4. Saya berniat apply ADS untuk master by coursework, tapi saya khawatir kalau applicant yang apply untuk master by research lebih diutamakan daripada applicant untuk master by coursework, menurut Mbak Ana bagaimana?
    5. Saya merasa kesulitan dalam menemukan contoh format cv yang sesuai untuk apply beasiswa luar negeri, saya sangat berharap Mbak Ana bisa sharing contoh format cv yang baik.
    Maaf sekali karena pertanyaan saya terlalu banyak. Saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya jika Mbak Ana mau meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Thanks a lot in advance…

    1. Maaf mbak wulan baru terbalas, berikut jawabannya smoga membantu:
      1. saya sendiri ijazah sy legalisir di kantor dengan bahasa indonesia dan alhamdulillah lulus juga.
      2. klo memungkinkan di universitas lebih baik di universitas
      3. untuk isian sebaiknya disesuaikan dengan batasan kata
      4. memang hal itu sering menjadi keraguan tapi pada dasarnya tidak ada bedanya, kalau kita memang berniat untuk riset maka proposal risetnya juga harus dipersiapkan secara matang karena nanti akan ditanyakan waktu wawancara. kalau memang kita tidak berniat untuk riset kansnya juga sama kok, waktu s2 yang lalu saya ambil course work
      5. ok untuk format cv akan saya kirim via email

  7. wah mbak sangat membantu sekali sarannya. mba saya mau tanya ni, di aplikasi ADS 2014 kan ada diminta sertakan secondary and tertiary certificate, itu maksudny apa ya? apakah ijazah SMU atau apa ya?? terima kasih banyak ya ^^.

      1. qualification: misal klo saya lulus dari stan dapat bachelor degree, atau untuk S2 master degree

      2. di bagian qualifications kan ada High school juga ya mbak, apakah perlu diisi juga? Kalau ya, qualification name untuk high school apa ya? saya kok blank ya, huks.

        trims mba..

  8. ass. b ana! nama saya pipit, tertarik ikutan ads, mau tanya donk x 3 specifics task after returning to our org contonya gmn ya?. thx

    1. sekali lagi saya minta maaf baru balas ini contoh isian sy
      Specific tasks to be undertake:
      1. My organisation has a role to be catalyst for building good governance at local
      government level. My future tasks is to build network with some local government to
      improve their accountability.
      2. Managing and building solid teamwork in order to accomplish tasks efficiently and
      effectively.
      3. Supervising team in conducting audit, evaluation and assistance.
      4. Enhancing auditors performance by building organisation culture.

  9. ass, b ana! saya mengajar di smp tertarik ikut ausaid,yang form nominating agency declaration itu diisi kepsek or kadinas ya?. thank u for d answer

    1. mohon maaf mbak pipit, baru terbalas krn kesibukan mengurus baby jadi jarang buka blog. nominating agency diisi kepsek

  10. Kak,, sekarang saya msih kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris,, Fakultas/Jurusan yang cocok untuk berjuang di ADS apa yah kk??🙂

    1. Selama ini yang saya tau teman2 saya yang berlatar pendidikan bahasa inggris mereka ambil Tesol atau yang terkait dengan metodologi pengajaran. tapi semua itu juga harus memperhatikan pekerjaan kita apa. untuk lebih mudahnya mungkin bisa mengunjungi situs2 universitas dan coba dilihat program studi yang ditawarkan

  11. wahhhh kereeen mbak, matur nuhun informasinya
    ini skrng yang saya bingun itu dalam pengisian awal untuk penentuan program studi,
    saya bingung untuk memilih sekiranya program studi apa yang dapat saya ambil, latar belakang keilmuan saya adalah ilmu dan teknologi kelautan, fokus studi s1 saya adalah survei seismik laut (lebh ke arah geofisika), nah di saat menentukan program studi ini sebaiknya saya memilih marine saja atau bolh k arah dn ranah keilmuan lain?
    Selanjutnya boleh minta masukan ga mbak? terkait tema riset???
    Saya sudh menyiapkan beberapa judul riset beserta proposal sederhannya
    terimaksih dn salam kenal ya mbak

    1. Terima kasih mas hendra telah mengunjungi blog saya. jujur saya tidak tau banyak tentang dunia kalautan. cuma cluenya mungkin begini, coba mas hendra kunjungi situs2 universitas dan coba lihat masing2 program/course yang ditawarkan. dari sana kita bisa melihat pelajaran apa saja yang akan kita pelajari sehingga akan memudahkan kita memutuskan program studi apa yang kita ambil sesuai dengan minat dan kebutuhan. Oya, yang tidak boleh dilupakan juga adalah apakah program studi tersebut terkait erat dengan pekerjaan yang saat ini kita jalani selain memperkuat argumen ketika intervieu juga memudahkan kita dalam riset. tema riset intinya yang penting kita bisa meyakinkan bahwa kita nantinya bisa melaksanakan riset tersebut harus jelas, detil dan tidak lupa juga literatur riviu untuk meyakinkan bahwa memang riset tersebut penting untuk dilaksanakan.

  12. assalamu’alaikum…….
    blog yang sangat inspiratif mbk…..sukses selalu yaa
    saya berniat apply tahun 2014 mbk..mbk boleh tidak saya minta contoh formulir nya and CV nya sebagai bahan bacaan dan inspirasi mbk…terimakasih ya mbk
    mencapai.mimpi@gmail.com

  13. Assalamu’alaikum.
    Salam kenal mbak. Artikel yang inspiratif mbak… Ingin juga ngikut kul di Australia lewat Ads. Bgmn dengan PNS pemda, kebetulan S1 saya Administrasi Negara dan sekarang baru proses finishing tesis Administrasi Publik , adakah peluang untuk ngikut dapat sponsor dari ADS untuk ngambil S3 di Australia?

    1. Maaf br balas. Klo lihat bacground mas latif s1 n s2 kan selaras apalago kerja di pemda. Jd pas banget tuh. Pemda ato pns memang jd target penerima ads jd kansnya lbh besar dibandingkan privat. So selamat mencoba. Thanks dah mampir

  14. mbk..terimakasih yaa saya sudah lihat contoh cv dan formulir adsnya yang S3 ..mbk s3 ya?wahh congrat yaaa mbkk semoga sukses ..

    mbk saya baca di blognya mbk mbk s2nya coursework ya???mbk rencana sy mau daftar yang coursework juga…mbkk kalau boleh saya minta contoh formulir mbk yg s2 dulu dan cvnya…?heheh maaf yaa mbk kalau saya meganggu

    sukses selalu yaa mbkk

    1. Wah klo yg lama sy gak smpt scan dan entah kemana. Tp sama kok malah yg sekatang formatnya baru tp scr substansi sam. Cm klo coursework kita gak perlu isi kolom ttg research. Itu sj bedanya. Cv jg gt

  15. Aslmkm wr wb.
    blog yang sangat bermanfaat bagi para pencari beasiswa. untuk beasiswa Australia Award program master bisa dari D IV ya mbak? terima kasih.

    1. Dulu saya juga pakai d4 bisa cuma gak tau sekarang ya krn status d4 yg saat ini disamakan dgn s0. Nanti sy coba tanyakan ke bebrapa tmn yg kebetulan lulus jg dr d4 apakah mereka tidak harus s1 dulu atau tidak

      1. Oya..menurut teman sy. Bs pakai div cm teman sy ini mendapat beasiswa program spirit bappenas dan mau melanjutkan di monash univ februari 2014. Klo dr australia awards sy blum ada info. Seharisnya sih bs krn yg jadi pertimbangan piha universitasnya.

  16. Salam kenal mb…
    Saya rencananya mau ikut beasiswa ads tapi msh bingung untuk memilih jurusan, sly mnrt info harus ambil bidang studi prioritas..
    Saya s1teknik informatika, PNS Pemda, maunya sih ambil master sistem informasi. Kira-kira bisa nggak?
    Mohon infonya…thanks…

    1. Makasih mbak merry sudah mampir. Klo sy lihat bavkground n rencana dah klop. Tinggal dihubungkan dengan pekerjaan, klo klop tambah ok. Oya PNS kuotanya lebih banyak jd selamat mencoba. Jangan lupa coba visit web universitas biar tau program apa yg ditaawarkan dan apa sj yg akan dipelajari

  17. Salam kenal mba ana..
    Blog mbak ana sangat menginpirasi saya untuk tetap mengejar beasiswa australia. Ada beberapa hal yang saya mau tanyakan yaitu :
    1. Apakah ada kans bagi fresh graduate s1 yg pengalaman kerjanya minim (apalagi bekerja di institusi swasta) ?
    2. Apakah diperlukan recommendation letter dan motivation letter bagi pelamar s2 by coursework ?
    3. Dituliskan di handbook bahwa bisa dikirim melalui pos, apakah perlakuannya sama dengan yg datang langsung ke sana ?
    Sekian pertanyaan saya. Maaf karena terlalu banyak tanya dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    Regards

    1. Makasih sudah berkunjung mas agus. Beberapa rekan sy dulu jg ada fresh graduate mas. Jd dicoba sj. Rekomendation n motivation letter gak perlu. Iya slama ini jg sy n teman2 yg lulus dikirim via pos

  18. your note totally inspired me,mba.🙂 mba ana, sy jg sangat ingin lanjut studi di luar negeri, khususnya australia. sy baru saja selesai pendidikan profesi ners (praktik keperawatan) di UNHAS.
    1.Sy bermaksud mendaftar AAS 2014 utk studi master di bidang keperawatan anak, kebetulan skripsi sy kmrin terkait keperawatan anak. dan slama ini sy aktif sbg volunteer di bidang pendidikan nonformal terhadap anak yatim,pemulung dan anak jalanan. tapi awalx sy agak pesimis krn sy blum punya pengalaman kerja di suatu instansi. kira2 apa ada peluang utk sy mba?
    2.kalau boleh, sy mohon bantuan contoh aplication form dan cv,mbak. ini kali pertama sy mencoba aply. smoga bisa lulus seperti mba ana.🙂
    Trima kasih,mba ana.

      1. Assalamualaikum Mba Ana.. Terima kasih sebelumnya untuk share tips nya🙂. Terus terang saya juga sangat berminat dan berencana untuk apply beasiswa AAS tahun ini. Kalo boleh saya ada beberapa pertanyaan mba🙂 :
        1. Saat ini saya bekerja sbg PNS (Kemenag Kabupaten, sepertinya tidak termasuk ke dalam Targeted Organisations. Bagaimana kemungkinan untuk PNS dari non Targeted Organisation mba?) di bagian kepegawaian.
        2. S1 saya manajemen. Nah, saya berencana mengambil bidang Gender. Apakah field of study nya bisa dimasukin ke Economic Management Mba?
        3. Apakah KTP & Akte kelahiran juga harus di translate? klo iya translet kemana?
        4. Klo boleh seperti teman2 di atas, saya bisa minta bantuan contoh application form & cv mba dulu tidak? Masalahnya saya ada downloadan App. Form ADS tapi ada sebagian yang blur.

        Terima kasih atas bantuannya Mba Ana.🙂
        Wassalam

      2. Makasi sudah berkunjung mbak amel. Maaf br dijawab. Untuk jurusan sebenarnya tergantung bagaimana kita bs me linkkan antara background dgn rencana studi dan pekerjaan. Kalau misalnya mbak Amel bs me linkkan antara gender dan management atau gender pekerjaan ini akan sangat baik sekali mbak. Trrlebih khusus dgn pekerjaan. Oya, ktp tidak perlu di translate dan akte ditranslate.

  19. Assalamu Alaikum Wr. Wb

    Bu Ana, msh ingat sm saya ???
    Kebetulan lagi cari2 referensi penyusunan Lakip, eh…. ketemu blog Ibu…..
    Jadi ingat revisi renstra SKPD Kab. Luwu Timur…………
    Gmn kabarx ??

    1. Iya pak sy masih ingat waktu di lutim. Gimana kabar hasil evaluasi lakip thn 2014? Klo revisi rpjmd diikuti harusnya nilainya dah meningkat ya pak? Alhamdulillah kabar sy baik dan sedang menikmati hidup di Australia. Rencana tengah tahun kembali ke indonesia untuk penelitian. Topiknya masih sama soal lakip jg. Salam buat bu fitri ya…

  20. Ass.mbak tulisannya sangat menginspirasi saya untuk mendapatkan beasiswa.jika berkenan saya boleh minta contoh form aplikasi,proposal penelitian dan cv mbak yg dulu.topik penelitian saya juga mirip dng mbak seputar akuntabilitas.terimakasih

  21. assalamualaikum mbak ana, slaam kenal..
    tahun ini saya berencana apply beasiswa AAS, nah..saya mendapat anjuran dari mantan pimpinan sy di kantor (kebetulan beliau teman mbak) untuk membaca blog mbak..
    saya sudah membaca, dan sangat membantu..
    kalau berkenan mbak, bolehkan sy meminta contoh CV dan formulir aplikasi seperti teman2 yang lain, terima kasih sebelumnya mbak..

    1. file sudah saya kirim mas Aldi, mohon di cek krn terus terang tampilan yahoo baru membuat sy kurang yakin attachment yg sy forward terkirim atau tidak

  22. tulisan ini sangat memotivasi mbak…dan membuat saya juga ingin bertanya pada mba hehehehe…kalau saya mau ambil msdm by coursework haruskah mengisi proposed study program?

    1. Makasih dah mampir mbak yoan, untuk proposed study harus diisi mbak baik coursework maupun riset. yang membedakan hanya di isian riset proposalnya saja

      1. sip makasih mbak…btw aku kan guru di salah satu SMP swasta jakarta.. perlukah aku resign? soalnya aku ga boleh mendadak keluar di tengah tahun pelajaran (dengan asumsi aku lulus yaa wkwkwkwkwkwk) mohon masukannya mbak

      2. Klo mau resign nanti sj klo sudah ada kepastian kelulusan mbak. Krn prosesnya masih panjang. Kalaupun daftar skrg pengumuman msh feb thn 2015 plus ada persiapan bhs inggris dl. Klo yg dpt 3bln ato 9 bln ato 2bln persiapan bhsinggris milainya bln juni thn 2015.

  23. Mba Ana, mau nanya. kalau di uni canberra itu ada jurusan MAster of Public Administration/ Master of Management. di cricos itu kategori double qualification. pertanyaan saya, apakah dengan memilih jurusan itu kita belajar 2 cabang ilmu itu? terima kasih. sukses terus Mba

    1. Makasih dah mampir mbak ima….saya kurang tau persisnya mbak. Langsung coba dikontak sj course coordinatornya mbak biasanya mereka menjawab.

  24. salam….tulisan emba Ana cuman ada satu kata …awesome mengnembaliklan semangat say 100% dan saya juga mau minta saranya cara membuat cv yang baik dalam applay ADS….kalau emba Ana tidak kebratan saya mau minta contoh cv emba Ana…thank you so much you are my ispiration…..God bless u…

  25. Halo mbak, saya inggrid. Terima kasih sebelumnya atas informasi diatas. Saya berencana untuk mengikuti program beasiswa AAS 2014/2015 tp saya bingung dalam beberapa hal misalnya di dalam formulir ada tertera daftar organisasi yang kita sedang atau pernah ikuti sedangkan saya belum punya pengalaman dalam keorganisasian, apakah itu tidak menjadi masalah? Dan juga apakah sertifikat toefl harus yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu?
    Sekali lagi thanks mbak🙂

    1. Makasih sudah mampir mbak Inggrid, kalau yang dimaksud organisasi adalah pada pertanyaan 14, maka itu adalah tempat di mana kita bekerja. Untuk TOEFL biasanya universitas atau IDP menyelenggarakan tes TOEFL ITP atau istilahnya klo gak salah (hehehe sudah lupa) institutional TOEFL bukan TOEF prediction. selamat mencoba mbak dan smoga sukses

  26. salam mba. saya adlah fresh graduated, dan sedang mempersiapkan form untuk mlanjutkan sekolah ke ausi melalui AAS. Selama kuliah saya ngajar2 di tempat kursus, sehingga membuat saya memiliki pengalaman kerja. sayangnya sya tdk punya relasi yg prnah ikut program aas ini, makanya saya sangat minim ilmu untuk mengisi form yg baik. makanya klw semisal mba bersedia dan sudi mengirimkan form dan cv mba di email miftahulmaulidil@gmail.com pada saat dftr dlu sya sangat berterima kasih mba. wassalam.

    1. Makasih dah mampir ke blog sy mas miftah. Form sudah sy kirim. Mohon di cek. Smoga bermanfaat dan sukses selalu…

  27. Thanks for the motivation and inspiring blog mbak Ana! Sangat membantu dan menginpirasi saya untuk mencoba AAS thn ini. Boleh minta contoh CV dan application formnya mbak? Terima kasih banyak mbak Ana😀

  28. Dear mba Ana,
    Menarik sekali membaca kata demi kata yang mba tulis. Saya berharap sekali bisa punya kesempatan untuk bisa mendapat program beasiswa tsb. Tapi apakan mudah ya bagi saya yang baru lulus S2 dan pegawai swasta untuk bisa mendapatkannya? Apakah ada tips untuk itu?
    makasih mba Ana

    1. makasih dah mampir mbak rahma. memang program aas kni banyak dialokasikan untuk publik alias pns tapi juga tidak menutup kemungkinan dr swasta. dulu sy jg punya teman kerja di perusaahaan swasta jg lulus. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kans mbak rahma diterima diantaranya aktif di NGO, membuat publikasi atau menjadi dosen. Ketiga jenis aktivitas yg sy sebutkan ini sangat disupport oleh aas. beberapa teman dosen swasta jg lulus program s3 aas. jadi saran saya mungkin mbak rahma bs nyambi menjadi dosen terbang, atau membuat publikasi dan aktif di organjsasi krn pada prinsipnya yg diharapkan aas adalah seberapa besar kontribusi kita untuk memberii pengaruh atau membuat perubahan bagi negeri kita.

  29. Tulisannya sangat inspiratif Mbak… boleh minta dikirimkan contoh CV dan application formnya. Terima kasih sebelumnya…

  30. Assalamualaikum mbak Ana,
    Thanks ya blognya sungguh membantu. Saya minta tolong dikirimi contoh cv utk apply ADS (Skr AAS). apakah jumlah lembaran cv akan mempengaruhi penilaian?
    dan, bagaimana kehidupan kuliah di Aussie jika membawa anak batita? apakah ada Daycare yg afffordable?
    Trimakasih banyak sharingnya.

    1. Waalaikum salam mbak devy..makasih dah mampir. Ok nanti sy kirim. Untuk batita kita yg mendapat beasiswa dr pemerintah australia tdk perlu khawatir krn kita memdapat childcare benefit ato subsidy daycare/childcare. Sy sendiri skrng bw 3 anak. Yg 2 sudah di family daycare kita tdk byr tapi klo dichildcare bayar cm tetap terjangkau

  31. Salam mbak Ana. Terima kasih dah mau share soal ADS. Saya Danny , dari NTT dan kerja sbg aktivis NGO di Aceh. Sementara juga sedang usaha mau apply AAS 2014, IP tidak terlalu bagus tapi saya usaha saja. Mohon bantuan seperti teman yang lain soal contoh cv . Terima kasih banyak sudah memotivasi.

    1. Terima kasih mbak dani, file sudahh sy kirim. Klo sy lihat background mbak dani sangat potensial skali. Dalam banyak hal ip dan toefl tidak trlalu bnyk berpengaruh yg penting kita bs meyakinkan bahwa kita layak menerima beasiswa dan kontribusi kita sangat diharapkan bangsa

  32. Assalamualaikum mbak Ana,
    Greeting from Padang.

    Terima kasih telah share di blog ini yang sangat membantu bagi kami yang berminat AAS ini. Saya sudah pernah apply tahun 2012 dan tidak lulus seleksi administrasi. Tahun ini saya ingin mencoba lagi. Saya juga minta bantuan mbak untuk mengirimkan contoh application form dan cv sehingga bisa memperbaiki form saya. terima kasih atas bantuannya mbak.

  33. Selam mbak Ana. Tulisannya sungguh memotivasi. Sy juga ingin mendaftar untuk 2015 intake dan sementara ini sedang mencari bahan2 kajian yg mendukung. Kalau boleh sy jg minta dikirimkan format formulir dan CV nya mbak.
    Makasih banyak sebelumnya.

  34. mbaaa blog nya sangat inspiratif
    kebetulan saya ingin mengikuti beasiswa ini juga
    saya fresh graduate mbaa dan pengalaman kerja saya skrg jd asdos di salah satu perguruan tinggi negri dan cuma part time…apa bisa ya mba ikut ini?
    beda nya coursework itu gmna ya mba? apa bisa lanjut s3 klo qt ikut coursework? dan apa kita bisa jd dosen klo ikut program yang ini bukan yg research…maap mba masih g mudeng
    dan Boleh minta contoh CV dan application formnya mba?
    makasih banyak mbaa

    1. file sudah saya kirim mbak niza. meski sebagai fresh graduate asal punya pengalaman kerja tetap punya kans mbak. dulu ada teman saya masih muda sekali waktu kuliah usia 23, dia juga asdos. dan itu dipertimbangkan sekali oleh pemberi beasiswa. klo coursework tidak pakai major riset tapi bisa ambil minithesis di akhir semester (dgn menulis essay 10.000 kata). di sini untuk master tidak harus membuat thesis. tergantung mahasiswa pilih yang mana. klo mau lanjut s3 bisa saja ambil coursework tapi sebaiknya di semester akhir mengambil minithesis. saya juga begitu. kalau pertanyaan terakhir saya kurang tau ya mbak karena saya bukan dosen.

  35. Tulisan yang padat dan bermanfaat mbak,, saya freshgraduate dan berencana melamar AAS, saya kesulitan untuk membuat CV, boleh saya minta CV nya mbak?

  36. Assalamu alaikum mbak ana, makasih tulisannya sngat mmbantu. Jdi mkin smngt buat apply beasiswa ADS thn in. Mbak ak mnta cntoh form sm cv nya🙂 makasih sblmnya

  37. Terimakasih mbaa…🙂 Tips & Trik nya membantu sekali…🙂 saya mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai apa2 yang harus dilakukan… Mbak, apakah saya boleh meminta contoh CV dan application form nya juga? terimakasih…🙂

  38. mbak,, apa boleh minta contoh application form dan cvnya,, ?
    insyaAllah saya mau nyoba public administration juga,,

  39. mbak,, apa boleh minta contoh application form dan cvnya,, ?
    insyaAllah saya mau nyoba public administration juga,,,

  40. Assalamu’alaikum ww. Saya baru jumpa tulisan ini. Terima kasih banyak mb ana, amat sangat membantu tulisan mb, mengingat penutupan beasiswa yang tinggal 1 bulan lagi. Saya tertarik ingin mencoba beasiswa ini tahun ini. Saya boleh minta contoh CV nya kah mb? semoga nanti dapat membantu.

  41. Mbak ana..saya selalu salut dg orang2 seperti mbak ana..yg mau berbagi ilmu dan pengalaman utk orang lain..biar makin banyak warga indonesia yg bisa mendpat ilmu dari luar negeri dan bisa berguna buat negara..aamiin..

    Kalau boleh, saya juga mau contoh cv dan application form yg mba ana buat ya mba..terimakasih🙂

  42. ass mbak… apa boleh minta contoh app form dan cv untuk s3? insyaallah saya mau coba accounting sector publik yang research

  43. mba saya terinspirasi oleh tulisan mba, dan mungkin bisa dibilang mba satu dari ribuan orang yang tulus untuk membangun sdm manusia indonesia lewat tulisan jawaban ini..dengan berbaik hati untuk jadi bahan refrensi dalam mengsi formulir dan cv mba bisa tolong saya dengan mengirimkan contoh cv dan aplikasi yang sudah diisi ke alamat email gideonhindarto@gmail.com. saya jamin tidak akan copy paste karenabackground kita beda, saya mau ambil foodscience s2 nterimakasih mba

  44. Assalamu’alaykum, salaam kenal mbak, alhamdulillah dpt pencerahan dari blognya. Saya mau tanya mbak, untuk hasil TOEFL itp yg dikirimkan yg asli kah ? Lalu, akte harus ditranslate mbak ?
    Oh y mbak, saya boleh jg dikirimkan contoh CV dan application formny a ? Maaf krn kebanyakan tanya, he he, terima kasih

  45. asslmkm..
    akhirnya nemu jg blog yg informatif mbak..
    sy jg mulai akan bjuang menggapai mimpi niih, mauny apply untuk S2 keperawatan..
    kesempatan untuk PNS tnyata lbh bnyak y mbak Ana?
    Mhn bantuanny mba share cntoh application form n cv, mdh2n bkenan ya mba Ana.. (raihana.yuni@gmail.com)
    terima kasih banyak ya sayang..

  46. Assalamu’alaikum mbak Ana. Salam kenal ya. Excited banget nyimak tulisan mbak di blog sampe ke komen2 terakhir, luar biasa sabar dan baik mbak Ana mau berbagi dengan kami.
    Mbak, saya mau minta tolong dikirimkn form AAS yang sudah diisi oleh mbak dan CV mbak Ana ke email saya tiasmaresta@gmail.com ,boleh kan mbak? Terimakasih banyak. Sukses selalu utk mbak Ana..

  47. Assalamualaikum mbak. Terima kasih atas contoh-contoh jawaban yang mbak tulis di blog ini. Saya juga ingin mencoba apply AAS tahun ini. Kalau boleh, saya juga ingin minta contoh CV dan application form mbak.
    Terima kasih.

  48. hi mba ana,
    tulisannya sangat membantu dan menginspirasi saya yang sangat kesulitan dalam mengisi aplikasi dan cv untuk beasiswa ini. Awalnya saya sangat kebingungan untuk mengisi yang tepat dan baik. saya sudah coba searching2 di bloglain, tapi belum menemukan yang “mengarah” hingga saya menemukan tulisan mba ini. Boleh saya minta file aplikasi dan cv nya kr lookatuli@yahoo.com mba?
    Terimakasih mba.

  49. Assalam’muallaikum mba Ana
    Saya harap mba Ana dan keluarga diberi kesehatan selalu.
    Terkait dengan tulisan blog yg mba Ana kelola
    Saya pribadi ingin bertanya tentang contoh membuat format Curriculum Vitae untuk mengajukan beasiswa khususnya AAS?
    Dan untuk yang memilih program master by research apakah perlu menghubungi profesor di universitas terkait, atau hal itu berlaku hanya untuk program doctoral saja?

    Sebelumnya terimakasih untuk tips beasiswanya yang mba Ana tuliskan diatas.

    Assalam.

  50. Dear mbak ana, saya apply aas tahun ini dan saat ini sedang dalam tahap penggalian pertanyaan utk wawancara meski belum ada pengumuman, nah saya sedikit bingung jika nanti dihadapkan pada pertanyaan manfaat studi yang akan saya ambil bagi australia? Saya akan mengambil study accounting dan sampai saat ini saya belum dapat merangkai jawaban manfaat studi ini bagi australia. ini email saya whulanda@yahoo.com
    mohon pendapat dan masukan mbak, terima kasih

  51. Asw mba…saya mau tanya. Saat ini sy bekerja di salah satu perbankan swasta syariah. Ingin sekali apply AAS tp bingung jurusannya. S1 saya ekonomi manajemen jurusan manajemen strategi. Bisakah sy apply AAS mba ? Dan jk beerkenan email form cv mba ke saya yaa…makasi ya mba. Email sy: i_purnasari@yahoo.co.id

  52. assalamuallaikum mbak ana, salam kenal dari merauke, papua. artikel mbak ana semakin membuat saya termotivasi untuk melamar beasiswa AAS. jika mbak ana berkenan mohon bantuannya, saya sedang mempersiapkan aplikasi tapi masih sangat bingung, mhon bantuannya mbak ana, terimakasih

  53. ass saya mau menanyakan mengenai universitas yang bisa kita apply. kalau melalui australian awards, apakah kita bisa mengapply untuk universitas apapun? terima kasih.

  54. Assalamu’alaikum mb ana… tulisan tentang tips and triknya membantu sekali..
    mba ada yang mau saya tanyakan…
    1. saya punya LoA conditional letter dari monash uni, perlukah saya lampirkan untuk berkas beasiswa ads??
    2. penilaian seleksi beasiswa ads dari esai dan cv y mb??? saya msh sedikit minder karena belum banyak pengalaman kerja dan baru kerja sebagai freelancer di tempat kursus bahasa Inggris…
    3. bolehkah saya meminta saran dari mb untuk persiapan beasiswa ads ini??
    terima kasih mb sebelumnya… mb, bolehkah saya meminta contoh app form dan cv beasiswa ads bila mb ana berkenan??
    email saya tiva.nurizka@gmail.com

  55. Assalamu’alaikum Mbak Ana, apa kabar? Terima kasih untuk memposting tulisan yang inspiratif ini🙂
    Saya sekarang sedang mempersiapkan aplikasi beasiswa AAS, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan yaitu:
    1. Menurut Mbak Ana, apakah ranking universitas yang dipilih pada saat mengisikan aplikasi akan berpengaruh pada penilaian? Saya lulusan S1 Agribisnis, skripsi saya tentang Agri-food Supply Chain, dari sekian banyak uni di Aussie hanya UQ dan UnifoMelb yang menyediakan materi tersebut. Setelah saya baca dan pelajari modul dan komponen mata kuliahnya, saya lebih tertarik belajar di UQ yang rankingnya lebih rendah dari pada UniofMelb, alasan saya yaitu karena sangat cocok dengan apa yang ini saya pelajari di sana nanti.
    2. Jika Mbak Ana berkenan dan tidak mengganggu waktu luang Mbak, saya ingin meminta bantuan untuk menjadi ‘supervisor’ saya dalam pengisian aplikasi. Saya belum cukup percaya diri dengan bahasa inggris saya hehe
    3. Juga apakah boleh saya meminta tolong untuk membaca CV Mbak Ana sebagai referensi saya?
    Sekian pertanyaan dari saya, terima kasih banyak dan mohon pencerahannya ^^

  56. assalamualaikum mba,
    alhamdulillah nemu blog ini. boleh saya minta contoh application form
    sama cv ny mba? ke fariskyazzahra@gmail.com
    sama kalo berkenan mungkin no hape supaya kalo saya punya pertanyaan bisa kontak langsung mba ny..hehehe
    terimakasih banyak..🙂

  57. Assalamualaikum mbak ana…salam kenal mbak…tulisan mbak sgt menginspirasi saya. Saya jg tertarik untuk mengikuti seleksi beasiswa aas thun dpn tetapi masih ada beberapa hal yg blum saya mengerti. Kalau mbak berkenan bolahkan saya meminta contoh cv dan formulis mbak sbgai panduan. Jika berkenan ini email saya mbak listiana.ikawati@yahoo.com terimakasih banyak mbak ana.

  58. Selamat siang, Mba.
    Salam kenal mba. Dengan membaca tulisan mba, semakin semangat untuk apply beasiswa AAS tahun ini.
    Mba, bolehkah saya minta contoh cv yang mba pakai untuk melamar beasiswa AAS?
    berikut email saya sovia.ng@gmail.com

    Terima kasih banyak, Mba

  59. Thanks informasinya mbak ana. Tapi saya masih bingung buat cv dan cara ngisi formnya. Boleh minta tolong kirimin contoh cv dan formnya mbak? Trima kasih banyam

  60. Assalamualaykum wr wb Mbak Ana,
    Salam Kenal Mbak, nama saya Ikhwan dan saya insyaAllah tahun ini sedang mencoba mendaftar beasiswa AAS. Dari tulisan Mbak Ana, sangat menginspirasi sekali Mbak. O ya Mbak, jika Mbak Ana tidak berkeberatan, boleh ya Mbak untuk share formulir ADS yang pernah Mbak buat dan CV dari Mbak Ana. alamat email saya: ikhwan.ku@gmail.com.
    Terimakasih banyak Mbak atas bantuannya.

  61. Terima kasih, mba Ana krn sdh membagi infonya. Ini sangat berharga dan membantu bagi calon applicant seperti saya. Tapi saya masih punya ganjalan”, mohon kiranya mba Ana membantu.
    1. Saya sendiri sekarang ini sudah tidak bekerja, meskipun pernah bekerja di sebuah perusahaan swasta tapi menurut konsultan pendidikan di salah satu lembaga, akan lebih baik bila saya memiliki pengalaman bekerja di bidang sosial karena pihak ads sepertinya tidak terlalu “meng-favoritkan” pelamar yg prnh bekerja di luar dari bidang sosial atau lembaga pemerintahan. Walaupun saya volunteer di sebuah organisasi sosial tapi sejujurnya saya tidak pernah berpikiran utk mengambil program yg sesuai dgn isu yg ada di organisasi sosial tempat saya menjadi volunteer. Sdgkn seperti yg mba Ana blg agar memilih field of study yg sesuai atau setidaknya selaras dengan background pendidikan dan pekerjaan lalu menurut mba Ana, apa yg sebaiknya saya lakukan mengenai hal ini?
    2. Di aplication form, ada additional documents yg hrs disiapkan apabila lulus utk tahap wawancara. Apa pada saat mba langsung menyertakan dokumen” ini bersamaan dgn essential documents pada saat mengirim berkas ke kantor Australia Awards?
    3. Dan yg terakhir, mengenai format cv yg bagaimana yg sebaiknya saya gunakan? Bisakah mba Ana mengirimkan contohnya ke email saya?
    Maaf pertanyaannya banyak, mba. Sekali lagi terima kasih, mba Ana

  62. Assalamualaikum, mba Ana.
    Terima kasih krn sdh berbagi info yg berharga dan membantu ini bagi calon aplicant seperti saya.
    Mba, sy mau bertanya bbrp hal yg msh mengganjal di hati sy. Mohon kiranya mba Ana membantu mencerahkannya🙂
    1. Utk saat ini sy tdk bekerja lagi, meskipun sy prnh bekerja di bbrp perusahaan swasta dan saat sy konsultasikan hal tsb dgn konsultan di slh satu lembaga konsultasi pendidikan, menurut beliau sprtinya pihak AA tdk trlalu memfavoritkan aplicant dr background perusahaan dan lebih cenderung memprioritaskan pelamar dgn background dr organisasi sosial atau lembaga pemerintahan. Sy sndiri volunteer di salah satu organisasi sosial, hanya saja sy tidak berniat utk memilih field of study yg sesuai dgn isu yg ada di organisasi tmpt sy menjadi volunteer. Bagaimana menurut mba Ana dan sy sebaiknya bagaimana menyikapi ini?
    2. Ttg dokumen yg harus dilengkapi. Pada checklist of documentary evidence itu ada bagian additional document yg hrs disediakan bila lulus utk wawancara. Apakah sebaiknya mengikutsertakan additional docs itu pada saat mengirim berkas utama?
    3. Dan yg terakhir ttg format cv yg bagaimana yg digunakan utk AAS ini? Bisakah mba Ana mengirimkan contohnya ke email saya?
    Maaf bila pertanyaan dan permintaan sy banyak. Sekali lagi terima kasih, mba Ana.

  63. Salam kenal mbak ana, saya Stiven pns di pemda asahan sumatera utara, pendidikan saya terakhir s1 keperawatan dan berencana apply AAS beberapa tahun ke depan.
    Bolehkah saya meminta dikirimi contoh form aplikasi dan CV punya mbak?
    Alamat email saya stivendanielsigalingging@gmail.com
    Terimakasih banyak ya mbak.

  64. Assalamu’alaikum mba Ana
    Saya Imam Zarkachi dari Aceh,,sebagai seorang Fresh Graduated saya mau melanjutkan study master International Relations di Australia dan akan mengikuti beasiswa AAS. Saya masih bingung dalam mengisi formulir dan membuat CV, boleh saya minta contoh Form aplikasi dan CV yang pernah mba Ana buat untuk aplikasi sebelumnya. Ini email saya mba zarkachi683@gmail.com

    Terima Kasih mba

  65. Assalamu’alaikum mba Ana,

    Senang sekali saya bisa membaca tulisan Mbak Ana yang sangat bermanfaat ini. Mbak saya juga ingin melihat contoh CV dan personal statement Mbak Ana karena saya berencana mendaftar AAS 2017 dan sekarang sedang melengkapi persyaratan yang belum. Ini alamat e-mail saya listyarinifebriana@gmail.com. Terima kasih sebelumnya.

  66. Halo Mba Ana, saya Devi rencananya juga akan apply beasiswa AAS tehun ini dnegan mengambil by coursework. Sebenarnya banyak hal yang ingin saya tanyakan ke Mba apabila berkenan apa boleh mba kirimkan formulir serta format CV ke suryaputridevi@gmail.com terima kasih banyak mba ke depannya mungkin bisa menjalin silaturahmi via email. thanks

  67. Assalamualakum mba ana
    salam kenal, maaf sebelumnya, nama saya reka, PNS dari salah satu kementerian, bolehkah saya meminta dikirimi contoh form aplikasi dan CV untuk aplikasi ads punya mba ke alamat hereka.jayanto@gmail.com saya berencana untuk mendaftar AAS dan sedang mengumpulkan informasi dan persyaratan. terima kasih sebelumnya atas bantuan dan info2nya dari blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s