Tips Mengejar Beasiswa ADS: Mencari Supervisor

Dalam tulisan sebelumnya, khususnya untuk melanjutkan ke jenjang S3, telah saya sampaikan bahwa hal yang paling krusial untuk dipenuhi adalah mendapatkan persetujuan dari calon supervisor yang akan menjadi pembimbing penelitian kita. Pada tulisan tersebut juga sudah saya sampaikan triks memilih topik penelitian. Kali ini saya mencoba berbagi pengalaman soal mencari calon supervisor.

Mencari calon supervisor adalah hal yang susah-susah mudah. Susah karena dibutuhkan waktu dan tenaga untuk mencari supervisor yang pas dengan research proposal yang ingin kita tawarkan. Paling tidak langkah yang harus kita lakukan adalah menelusur universitas, kemudian program yang ditawarkan baru bisa mendapatkan list supervisor. Nah dari situ satu persatu kita harus sabar dan telaten melihat satu persatu biodata supervisor yang pas. Kalau beruntung kita bisa dapatkan dengan cepat. Tapi secepat-cepatnya tetap saja kita harus mengunjungi situs satu universitas ke universitas lain. Karena kebetulan master saya di Australia, saya cukup mendapatkan informasi universitas apa saja yang menawarkan program yang akan saya ambil. Sehingga hal ini cukup memudahkan/mempercepat waktu saya dalam berburu supervisor. Satu persatu saya buka biodata supervisor yang ada dan me-match-kan dengan tema penelitian yang akan saya lakukan.

Nah, ketika anda mulai terbersit sebuah ide, meski proposal belum tuntas, anda bisa mulai berburu supervisor sembari mencari inspirasi untuk menyelesaikan proposal. Satu saja pesan saya: gigihlah..karena dibutuhkan kesabaran ekstra. Kalau kebetulan anda mempunyai rekan yang sedang atau pernah studi di sana anda bisa hubungi dan tanyakan barangkali ada rekan yang tema risetnya sama. Dari sini proses pencarian akan lebih singkat. Syukur-syukur rekan tersebut memberikan nama professor yang bisa menjadi calon supervisor anda.

Kalau tidak, karena terkadang proses mencari ini begitu rumit sehingga kita tidak menemukan nama-nama calon supervisor. Padahal, kita sudah menemukan program yang ingin kita ambil. Pada saat seperti ini yang perlu kita lakukan adalah menanyakannya kepada pihak admin fakultas yang bersangkutan. Di sini anda akan di arahkan untuk menghubungi professor yang pas.

Pada saat proposal sudah selesai, saat itu juga saya mulai hunting professor pada beberapa universitas. Ketika pertama kali menghubungi supervisor kita perkenalkan diri termasuk background pendidikan dan pekerjaan sekalian kita utarakan maksud kita dan sekilas proposal. Karena beberapa rekan mempertanyakan hal ini, di bawah ini adalah surat yang saya kirimkan ke supervisor yang mungkin bermanfaat bagi anda yang hendak menghubungi supervisor.

Dear Prof Halligan,
I am Ana from Indonesia. I graduated from Australian National University in 2007 taking master of public administration. Now, I intend to continue my PhD. My bachelor degree is accounting in Indonesia. I work for finance and development supervisory board. Besides doing some audit, my institution also conducts some evaluation on local government performance. This encourage me to scrutiny the implementation of performance measurement at local government level in Indonesia.
Based on my knowledge, experience and doing some literature review I decide to do research on this area. (here I attach my research proposal ) I see on your bio-note that one of your research interest is performance measurement. I hope that my research proposal match with your research interest. I would be very happy if i can be your future students.
Best Wishes

5 thoughts on “Tips Mengejar Beasiswa ADS: Mencari Supervisor

  1. Mb Ana, saya Ajeng. Pingin ikutan daftar beasiswa ADS tahun ini.
    Kalau mau tanya2 secara pribadi bisakah?🙂
    Mungkin ada akun twitter atau facebook? Makasih mb ana🙂

  2. assalam.wr.wb

    Mbak Ana saya patta hindi dari Kendari sulawesi tenggara, saya sempat mampir beberapa bulan di Makes belajar bahasa inggris ketika kuliah S1 di Unhas. Saat ini saya sudah berkorespondensi dgn salah satu professor di UWA terkait rencana PhD saya. mohon bimbingan. saya mau apply beasiswa ADS tahun 2015 dan belum yakin tentang pengisian aplikasi. mohon bimbingan dan jika sudi email mbak Ana agar bisa mengirim draft aplikasi saya.

    wassalam

    Patta

Leave a Reply

