Nikmatnya Tidur 8 Jam Sehari

Ternyata tidur 8 jam dalam sehari itu sangat nikmat. Baru saya sadari tentang hal ini kemarin. Malam sebelumnya kepala saya terasa berat. Jadilah jam delapan malam membaringkan kepala dengan harapan satu jam tidur cukup mengusir rasa sakit di kepala. Ternyata satu jam tidak lah cukup terpaksa dilanjutkan hingga jam 4 pagi.

Hasilnya? Cespleng. Serasa benar-benar fit. Entah kapan terakhir saya nikmati kemewahan tidur 8 jam dalam sehari. Saya juga tidak mendapati wajah saya yang sering terasa hangat atau kepala yang agak berat. Awalnya, atas gejala-gejala ringan tersebut saya mencurigai faktor umur. Mungkin begitlah kalau usia sudah memasuki waktu ashar.

Ternyata jawabannya sederhana. Tidur yang cukup. Efeknya terhadap kinerja juga luar biasa. Hari senin boleh dibilang saya sangat produktif. Konsentrasi juga terjaga. Terbukti dari jumlah kata yang sempat saya ketik. Lumayan.

Dampak lainnya, emosi juga lebih stabil. Malam hari menemani Amira dan Ayla mengerjakam project cukup efektif. Saat mereka enggan diajak saya bisa mengatasi dengan lebih tenang. Begitu juga saat mengajari Amira matematika. Emosi yang tenang rupanya juga menghasilkan bahasa yang lebih produktif. Lebih bisa dicerna karena otak bisa mengubahnya dengan bahasa yang lebih sederhana.

Meski begitu, sepertinya saya masih harus tawar menawar. Sebulan sekali, atau seminggu sekali bolehlah. Entah mengapa ada kekhawatiran kalau tidur terlalu bayak. Apa lagi kalau bukan target menulis serasa mengejar sampai di dapur. Jadi?

Enam jam adalah waktu yang paling realistis. Itupun, masih terasa mewah untuk jelang musim panas saat maghrib baru menjelang pukul 8 malam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s