Buku Peningkatan Kinerja ala Pacuan Gajah

cropped-buku-pacuan-gajah.jpg

Buku ini adalah buku keempat saya. Wah banyak juga ya:). Ada empat buku dimana nama saya tercatat sebagai penulis. Hanya, tiga buku sebelumnya adalah buku kolaborasi. Buku yang keempat ini pun sebenarnya juga kolaborasi. Tapi kolaborasinya dengan teman sekamar saya.

Buku pertama kami, saya dan beberapa rekan sekantor, tulis sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan salah satu produk instansi. Sekitar tahun 2011, kami bersepakat untuk menulis tentang sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP). Buku tersebut ditujukan untuk memperkenalkan SPIP dengan bahasa yang mudah. Apa dan bagaimana SPIP disertai contoh-contoh yang riil. Alhamdulillah dalam beberapa bulan kami bisa selesaikan buku tersebut.

Sayang seribu sayang buku tersebut gagal terbit karena alasan tertentu. Kecewa sudah pasti. Tapi, proses membuat buku sepertinya mulai menjelma menjadi candu. Pengalaman tersebut mengajarkan banyak hal, sekaligus menjadi pendorong untuk mencoba dan mencoba lagi.

Hingga akhirnya bersama teman-teman di tahun 2012 bulan Mei kami mendirikan warungkopipemda.com. Awalnya kami masih menggunakan blog gratisan dengan alamat http://www.warungkopipemda.wordpress.com. Hasrat menulis yang begitu besar kami tuangkan dalam blog tersebut. Sampai kemudian kami memberanikan diri membuat website yang lebih ok dengan alamat warungkopipemda.com. Alhamdulillah, dari segi tampilan sangat menarik. Pengunjung pun semakin banyak.

Tahun 2013, kami menerbitkan buku berjudul Aset Tetap Daerah. Kami sempat bekerja sama dengan BaKTI saat melaunching buku tersebut. Buku tersebut ditulis oleh punggawa warungkopipemda: Ibu Nasyrah Latief, Rabiatul Adawiyah, Eko Hery Winarno, Andi Wijaya dan Nur Ana Sejati. Buku tersebut adalah buku kolaborasi ketiga.

aset-tetap-daerah

Buku kedua? Awal tahun 2012 Internet Cerdas Indonesia menyelenggarakan lomba menulis. Saya pun turut mencoba peruntungan. Alhamdulillah tulisan saya dinyatakan sebagai pemenang pertama. 30 tulisan terbaik dibukukan. Hasilnya ya buku berjudul 30 gagasan internet cerdas.

30-gagasan-inspiratif-untuk-gerakan-internet-cerdas-indonesia_web

Dan ini, buku Peningkatan Kinerja ala Pacuan Gajah adalah kumpulan tulisan yang merupakan catatan tentang tata kelola pemerintahan di Australia, tepatnya di kota Melbourne. Awal tiba di kota ini, saya cukup rajin menulis pengalaman berinteraksi dengan pelayanan publik, dari urusan sekolah, transportasi, hingga privatisasi.

Sekilas dari judul buku tersebut terkesan ditujukan untuk para birokrat. Memang benar, salah satu misi yang saya bawa adalah bagaimana melakukan perubahan di lingkungan sekitar kita. Dan bahwa sesungguhnya permasalahan perubahan di lingkungan pemerintahan tidak lagi sebatas komitmen, tapi kebelum-mampuan kita untuk menemukan jawaban atas how. Makanya, dengan melihat praktek pemerintahan yang baik di negara lain semoga bisa menjadi inspirasi perubahan yang bisa kita terapkan.

Buku tersebut tidak hanya untuk birokrat. Saya juga menuliskan pengalaman sebagai mahasiswa S3, kisah sekolah anak-anak, dan juga pengalaman sehari-hari.

Tertarik? silakan dipesan buku setebal 323 halaman ini melalui inbox di bawah . Harga buku Rp85.000 termasuk ongkos kirim.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s