Tiga puluh ribu kata dalam tiga bulan

Mungkinkah? InsyaAllah..

Target tahun lalu 100 ribu kata dalam waktu satu tahun. Hanya tercapai setengahnya, 50 ribu yang terbagi dalam tiga Chapter. Cukup lumayan.

Minggu lalu supervisor mengatakan bahwa saya tidak perlu melanjutkan menulis finding untuk case terakhir. Pertimbangan saya untuk menggenapkan empat kasus adalah agar imbang, dua kasus untuk tiap pemda. Dengan melihat jumlah kata yang sudah ditulis menurut supervisor tiga kasus sudah cukup. Tak perlu imbang, katanya. Tiga saja sudah cukup untuk menjadi bahan analisis dan diskusi. Jika dipandang kurang nanti bisa ditambah.

Alhamdulillah. Terus terang Chapter discussion adalah chapter yang tak sabar ingin segera dieksekusi. Pengalaman menulis finding terasa begitu membosankan setelah kasus pertama terselesaikan. Kasus kedua ibarat copy paste.

Di Chapter discussion ini saatnya membadingkan antara ketiga kasus tersebut degan model yang sudah saya buat. Plus ditambah bumbu ngecap serasa jadi tambah hot. Sepertinya bakalan menarik. Smoga.

Kalau tiga puluh ribu kata dalam tiga bulan, berarti setiap bulan harus menulis sepuluh ribu kata. Dibagi per minggu, berarti tiap minggu harus mendapatkan 2500 kata. Sehari rata-rata harus menulis sebanyak 375 kata. Atau 500 kata per hari lah, agar sabtu minggu bisa fokus ke krucils. Sepertinya cukup logis. Asal konsisten Insya Allah target bisa tercapai.

Jadi? Bismillah smoga tiga chapter bisa diselesaikan sebelum tahun 2016 berakhir. Setelah itu tinggal mematut-matut mana yang perlu diperindah sembari menikmati indahnya kota Melbourne.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s