Yuk berlatih 3 MT

Pernah mendengar “elevator pitch”?. Elevator pasti tau. Pitch? Sekitar sepuluh tahun lalu kata itu sering diasosiasikan dengan salah seorang komentator reality show pencarian bakat menyanyi yang sering menilai “pitch control” finalis.

Saya baru mendengar gabungan kedua kata tersebut kemarin saat mengikuti information session 3MT. Apakah itu 3MT? 3MT atau three minutes thesis competition adalah sebuah kompetisi yang diinisiasi oleh University of Queensland yang hingga saat ini sudah diselenggarakan di banyak universitas di seluruh dunia.Pesertanya adalah para mahasiswa program doctoral yang sudah melewati masa kandidasinya. Tahap pertama, mahasiswa berkompetisi di lingkungan internal kampus untuk memilih sang juara. Tahap kedua, para juara ini akan dipilih untuk mengikuti final di University of Queensland.

Memang tergolong nekat kalau akhirnya saya putuskan untuk ikut. Jujur saja sampai saat ini pun Bahasa Inggris saya masih begitu-begitu saja. Kalau diistilahkan dalam Bahasa jawa masih ‘plegak pleguk’. Makanya, nulis thesis lima ratus kata sehari saja sudah menjadi prestasi tersendiri.

Sebagaimana yang sempat saya katakan ke supervisor saya dulu, “I just want to challenge myself”, kali ini saya hanya sekedar ingin uji nyali. Itu alasan utama. Selain keyakin akan belajar banyak hal, Juga ingin ngobrol dengan mahasiswa lain karena lebih sering thesis saya kerjakan di rumah. Terakhir, supaya bisa menjadi bahan tulisan.

Information session kemarin semakin memperkuat niat untuk maju, meski kegrogian bertambah saat tau jumlah audience. Dari information session saja ada banyak hal yang bisa ditulis. Salah satunya ya “elevator pitch” yang saya sebutkan di depan.

Menurut pembicara kemarin, 3MT (three minutes thesis competition) itu sama halnya dengan “elevator pitch”. Kata ini diambil dari dunia perfilm-an, yaitu “pitch”, dimana penulis naskah atau sutradara harus menjelaskan tentang ide-nya tentang film atau serial TV dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk elevator, anda pasti bisa mengira-ngira berapa lama kita berada didalam lift. Pasti tidak lebih dari dua atau tiga menit. Bayangkan saja suatu hari anda bertemu dengan pak presiden yang akan menuju lantai 30 di sebuah gedung. Di saat yang sama anda punya gagasan brilian untuk menaikkan mutu pendidikan kita berdasarkan hasil penelitian yang sudah anda geluti sekian lama. Bagaimana anda menjelaskan ide tersebut kepada pak presiden dalam waktu kurang dari dua menit? Bagaimana dalam dua menit itu anda bisa menarik perhatian pak presiden dengan apa yang anda sampaikan?  Dan, hanya di lift itu lah waktu yang mungkin bisa anda gunakan.

Begitulah analoginya 3MT dengan elevator pitch. Tak hanya presiden. Suatu bisa jadi kita bertemu dengan orang-orang penting yang memungkinkan gagasan-gagasan kita diakomodasi. Bagaimana caranya bisa meyakinkan mereka dalam waktu sesingkat-singkatnya?

Wikipidia memberikan penjelasan tambahan, “If the conversation inside the elevator in those few seconds is interesting and value adding, the conversation will either continue after the elevator ride, or end in exchange of business cards or a scheduled meeting. A variety of people, including project managers, salespeople, evangelists, and policy-makers, commonly rehearse and use elevator pitches to get their points across quickly”. Jadi, jika kita berhasil menarik perhatian pak presiden, pak menteri, si bos besar, dan para pembuat kebijakan lainnya, maka pembicaraan singkat tersebut akan berlanjut. Jika tidak, that’s it. Good bye. You’ve just lost the opportunity.

Prinsipnya, 3MT melatih kemampuan untuk mengkomunikasikan riset dengan cara yang menarik dan cerdas kepada non-spesialis. Karena non-spesialis, maka diusahakan menghindari istilah-istilah teknis dan jargon-jargon. Yang pasti, 3MT atau komunikasi model elevator pitch ini sangat bermanfaat menjual ide dan gagasan-gagasan, tak hanya untuk thesis tapi dalam banyak hal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s