Yuk Belajar Sejarah

Ternyata mempelajari sejarah itu sangat menarik. Tidak percaya?

Saya sendiri baru menyadari beberapa bulan terakhir. Sudah lama sebenarnya keinginan untuk belajar sejarah itu muncul. Beberapa kali pernah mencoba membaca buku-buku sejarah. Sayang, lebih sering gagal paham. Akhirnya bisa ditebak. Buku ditutup dan dilupakan. Malah waktu sekolah lebih sering mengantuk saat guru menerangkan.

Baru beberapa bulan ini niat itu kembali muncul. Untung, dengan bantuan Youtube, belajar sejarah bisa dilakukan sembari nguleg sambel atau membakar pisang. Narasi dan visualisasi kejadian pada masa itu sangat memudahkan untuk memahami sejarah. Alur kisah dan juga sepak terjang sang aktor menjadi lebih mudah dipahami.

Keinginan mempelajari sejarah sebenarnya tak lepas dari PR utama saya di sini. Ketakjuban saya dengan segala keteraturan dan kemajuan Barat, terlebih khusus Australia, memaksa saya untuk mencari jawaban: kok bisa ya mereka mencapai kemajuan seperti ini. Giman ceritanya? Sejak kapan mereka mulai membangun?

Entah bagaiman ceritanya hingga sayapun menemukan link video youtube tentang the golden age of Islam atau masa kejayaan Islam. Dalam hal ini, anda bisa melihat tulisan saya sebelumnya tentang house of wisdom.

Ah, ya..sejak saya sadar status saya sebagai PhD student. PhD: doctor of philosophy. Keren ya. Dalam banyak hal saya justru tidak percaya diri menyandang status tersebut. Masalahnya sederhana, saya tidak begitu memahami teori-teori secara mendalam dan juga tidak mengenal para filosof. Untunglah, saya sempat bertemu senior dikampus yang menyadarkan bahwa level analisis thesis saya harus menyentuh sampai dasar filosofinya. Sejak itulah saya sedikit demi sedikit berkenalan dengan para filosof dan pemikiran mereka.

Hingga akhirnya, ya itu tadi saya ‘terjerumus’ lebih dalam ke dunia sejarah dan para pemikir kala itu. Ketakjuban terhadap masa golden age of Islam justru semakin membuat penasaran hingga ingin menelusur hingga masa sebelumnya, masa yunani kuno.

Kok sepertinya makin jauh ya dari riset saya. Saya sendiri juga tidak tau kemana rasa ingin tahu ini akan berujung. Saya hanya merasa seperti sedang bermain puzzle. Menata potongan-potongan cerita revolusi industri, kejatuhan byzantium, alexander the great, khalifah Harun al Rashid, aristoteles, great depression, umar bin abdul aziz, ibnu khaldun, perang dunia renaisance, hingga sampai pada Frederik Taylor, Mayo, Robert Kaplan dan Klitgaart.

Sebenarnya sederhana saja yang saya inginkan. Atau barangkali anda bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan saya:

  1. Bagaimana tata kelola pemerintahan pada masa yunani kuno?
  2. Bagaimana tata kelola pemerintahan pada masa kekhalifahan umar bin abdul azi, harun al rashid dan al ma’mun, hingga pada masa dinasti usmaniyah?
  3. Sejak kapan barat mulai membangun? Apakah mereka juga pernah mengalami fase seperti yang dialami negara-negara berkembang?

Ya…itu saja..cukup tiga pertanyaan.

2 thoughts on “Yuk Belajar Sejarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s