Pecha Chuka

Kawans,

Pernah mempraktekkan Pecha Chuka? Atau baru saja mendengarnya?

Saya sendiri baru mendengarnya sekitar dua bulan lalu saat mengikuti EAP (English for Academic Purpose) di IALF Bali. Sejak saat itu pun saya masih sering salah menyebutkannya, Peka Chuka…Pecha Kucha..hingga akhirnya baru sadar kalau yang benar adalah Pecha Chuka setelah dua minggu lalu saya coba googling. Menulis tentang pecha chuka pasti mengingatkan kembali cerita bersama Steve, my incredibly  handsome teacher, dan tentu saja teman-teman sekelas saya yang luar biasa. Ya…karena Steve lah yang memperkenalkan Pecha Chuka ini dan bersama-sama kami menikmati hiburan sebelum memulai aktivitas di kelas dengan ber-Pecha Chuka.

Ok, Sederhana saja. Pecha Chuka adalah sebuah teknik presentasi dengan menggunakan media power point yang setiap slide berdurasi 20 detik dengan total slide sebanyak 20. Sehingga, kalau dihitung-hitung total waktu yang dibutuhkan untuk presentasi selama 6,6 menit. Slide dibuat semenarik mungkin dan sesedikit mungkin menggunakan kata. Setiap slide maksimal 15 kata. Makanya, lebih banyak digunakan gambar-gambar yang menarik.

Untuk mempersiapkan presentasi sepanjang 6,6 menit ini saja saya membutuhkan waktu berhari-hari. Padahal topiknya hanya soal Hobby saja. Kebetulan waktu itu kami tidak ditunjuk urutan-urutan siapa yang harus presentasi lebih dahulu. Sukarela saja siapa yang sudah siap dipersilakan untuk maju terlebih dahulu. Saya sendiri tidak terlalu pede untuk tampil di awal-awal. Bahkan semakin grogi melihat slide teman-teman yang sangat menarik dan presentasinya pun memukau. Ditambah lagi, Steve nampaknya semakin demanding karena dia pun  menilai masalah konsistensi tampilan setiap slide, keseimbangan antar gambar2 yang ditampilkan dalam satu slide. Di hari pertama presentasi dimulai sebenarnya saya sudah siap mempersiapkan slide hanya untuk presentasi saya belum sempat berlatih. Melihat presentasi yang bagus-bagus akhirnya saya pun tergoda untuk mengedit-edit terus slide hingga saya pun maju di hari ke tujuh dimana setiap hari ada dua volunteer yang maju.

Satu hal yang cukup menantang dari Pecha Chuka ini karena presenter harus mencari dan mensortir gambar-gambar yang indah dari internet atau koleksi pribadi hinggak kemudian merangkaikannya menjadi sebuah sajian yang lezat. Tentu, untuk melakukan semua ini dibutuhkan waktu berhari-hari jika berharap bisa tampil dengan baik meski hanya 6,6 menit dihadapan kawan-kawan.

Tapi dari semua pengalaman menghias slide itu saya sangat menikmati sajian pecha chuka. Demikian halnya dengan teman-teman. Ya..karena kita disuguhi gambar-gambar menarik dan cerita yang menawan sehingga kita pun bisa mengenal sisi lain dari teman-teman.

Sebagai contoh jika kawans sekalian ingin melihat slide Pecha Chuka bisa dilihat hasil kerja saya di sini:

http://www.youtube.com/watch?v=s4Ke4R6H3v0&feature=youtu.be

Nah, kalau kawans perhatikan vidio tersebut memang penyajian masing-masing slide kurang dari 20 detik. Sekedar untuk mempercepat saja. Di tiap slide presenter harus memberikan penjelasan selama 20 detik. Dan slide pun sudah diberikan timing sehingga setiap 20 detik slide berganti ke slide berikut. Di sini lah diperlukan latian manajemen waktu jika kita tidak ingin kehabisan bahan ataupun tidak ada bahan sementara slide masih terpajang.

Untuk mempraktekkannya, kawans sekalian bisa mencoba dengan berbagai ragam topik dan mendesain sendiri durasinya. Tergantung kesepakatan atau lebih tepatnya tergantung apa tujuan anda. Tapi menurut saya, 6,6 menit adalah yang paling pas. Atau aturan pecha chuka memang hanya 6,6 menit ya? Silakan tanya ke mbah google..

Tertarik?

Silakan mencoba bersama rekan-rekan anda…

2 thoughts on “Pecha Chuka

Leave a Reply

