Tips meningkatkan jumlah visitor blog

Apa sebenarnya kiat jitu untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog? Benarkah semakin banyak memberikan komentar pada blog kawan akan mengajak orang lain memberikan komentar di blog kita?

Jujur awalnya saya mengiyakan trik tersebut. Sempat saya ikuti saran tersebut satu hari. Tapi, sehari kemudian saya kembali berfikir bahwa hal itu sangat tidak mungkin saya lakukan. Ya karena berarti saya harus menyisihkan banyak waktu untuk menjelajah blogger lainnya. Di satu sisi waktu saya tersita untuk pekerjaan dan keluarga. Hingga kemudian saya pun mengukuhkan diri untuk tidak peduli dengan jumlah visitor dan kembali pada visi awal saya membuat blog. Niat saya membuat blog adalah untuk berbagi kisah dan pengalaman, meningkatkan kemampuan menulis, menghidupkan semangat belajar, dan sebagai sarana untuk terus membekali diri dengan ilmu-ilmu yang terkait dengan pekerjaan saya. Jadi? Jelas membaca banyak blog lain tidak lah relevan dengan motivasi awal.

Awal Mei 2012 bersama rekan kerja saya membangun sebuah blog yang mengkhususkan diri pada masalah ke-pemda-an, terlebih khusus tentang pengelolaan keuangan daerah, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sistem pengendalian intern pemerintah, dan pengadaan barang dan jasa. Blog kami namakan warungkopipemda.wordpress.com. Diawali dari sebuah niat baik untuk berbagi ilmu dengan rekan-rekan di pemerintah daerah, akademisi dan masyarakat umum kami mencoba untuk membangun sebuah komunitas yang peduli pada masalah pemerintahan daerah. Mulailah kami menulis banyak hal terkait dengan pemerintahan daerah. Hingga saat ini kami sudah memposting sebanyak 65 tulisan.

Dalam hal promosi sebenarnya kami tidaklah terlalu masif. Kami hanya memanfaatkan satu jaringan media sosial yang kami miliki. Setiap ada tulisan yang diposting selalu kami link-an ke status jejaring sosial. Dari awal blog kami memang mendapat sambutan yang baik dari rekan-rekan yang kami kenal. Hal itu cukup memberik kami kekuatan untuk terus produktif meski ditengah-tengah padatnya pekerjaan yang harus kami selesaikan. Namun, karena topik yang kami sajikan di blog berkaitan langsung dengan pekerjaan maka sekali gayung dua tiga tujuan terlampaui, yaitu meningkatkan kapasitas ilmu sekaligus berbagi. Hingga saat ini visitor blog warungkopi pemda rata-rata di atas 250 pengunjung setiap hari kerja. Dalam rentang waktu enam bulan visitor sudah mencapai 19 ribu. Di hari minggu memang visitor menurun. Bisa difahami karena rata-rata pengunjung adalah mereka yang mempunyai interest dengan topik seputar pemerinahan daerah. Kami tidak memasang iklan. Kami juga tidak bertukar link dengan blogger lain. Hanya satu yang selalu kami tanamkan bahwa kami harus selalu produktif menulis hal-hal yang relevan dengan permasalah pemerintah daerah. Itu saja.

Dari pengalaman mengelola blog pribadi: www.anasejati.wordpress.com dan blog komunitas http://www.warungkopipemda.wordpress.com cukup memberikan pelajaran berharga tentang trik meningkatkan jumlah kunjungan ke blog. Blog pribadi yang telah saya kelola sejak tahun 2008 hingga saat ini telah diposting 78 tulisan. Namun tafficnya hanya sekitar 20-30 per hari. Tema yang saya sajikan beragam dari pengalaman pribadi, triks belajar ke australia, hingga yang menyerempet hal-hal serius terkait pekerjaan. Karena terlalu umum itulah sehingga saya fikir ketika seseorang mencari kata kunci di google maka tulisan saya entah ada di halaman ke berapa. Alhasil tidak ada yang menemukan blog saya.

Berbeda dengan blog komunitas warungkopipemda dimana kami membahas sesuatu yang khusus terkait tata kelola pemerintah daerat. Saat ini ketika seseorang mengetikkan aset tetap pemda di google maka blog inilah yang muncul. Sama halnya ketika seseorang mengetikkan belanja hibah ataupun kapitalisasi aset. Topik tersebut memang spesifik terkait dengan akuntansi keuangan daerah dan APBD.

Jadi?

Jika anda ingin meningkatkan kunjungan blog di sisi lain anda bukanlah seorang yang mempunyai cukup waktu untuk berselancar di dunia internet setiap saat maka sebaiknya desainlah blog yang spesifik, yang sesuai dengan minat anda, latar belakang pendidikan ataupun latar belakang pekerjaan. Tak hanya traffic yang kita peroleh tapi juga peningkatan kemampuan menulis dan pemahaman akan sesuatu.

 

3 thoughts on “Tips meningkatkan jumlah visitor blog

Leave a Reply

