Apakah Indikator Kinerja Utama (IKU) menjadi dasar pembuatan RPJMD? Bukankah IKU merupakan”keturunan” dari TUJUAN DAN SASARAN?

Hmmm….IKU memang tong asyik untuk diperdiskusikan. Apa kira-kira jawaban anda? Sebelum melangkah lebih jauh mari kita coba lihat jawaban versi menpan sebagaimana yang tertuang dalam Permenpan nomor Per/09/M.PAN/5/2007 tentang Pedoman Umum Penetapan IKU di lingkungan Instansi Pemerintah. Jujur sebenarnya saya ingin uploadkan di sini. Sayang saya blum tau gimana upload pdf di tulisan saya. Ada yang bisa bantu? Pasal 2 dalam permen tersebut menyebutkan bahwa tujuan penyusunan IKU adalah untuk

1. Memperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalam menyelenggarakan manajemen kinerja secara baik
2. Memperoleh ukuran keberhasilan pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja

Permenpan yang menjadi tindak lanjut atas pedoman umum ini yaitu Permenpan PER/20/MPAN/II/2008 kembali menegaskan tujuan dari disusunnya IKU sebagaimana dua hal di atas. Untuk menggali ayat pertama akan saya tulis di bab berikut khususnya terkait dengan konsep manajemen kinerja. Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas yang kita acu adalah ayat 2 yaitu untuk memperoleh ukuran keberhasilan pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi. Kalau diibaratkan dengan kesehatan tubuh kita maka sehat bisa kita jadikan tujuan atau sasaran kita. Lalu, apa alat ukur untuk menilai kesehatan ini? Yang paling sederhana ya suhu tubuh. Klo suhu tubuh diatas 37 berarti pertanda bahwa kita mempunyai masalah dengan kesehatan. Bagaimana kalau suhunya 40? Wah kalau ini yang terjadi berarti kondisi kita sudah gawat. Kalau misalnya alat ukur yang kita gunakan adalah berapa kali kita makan dalam satu hari, bisakah kita menilai tingkat kesehatan? Mungkin anda akan menganggap saya terlalu lebay dengan mempertanyakan hal ini tapi begitulah..sesuatu yang sangat sederhana ini jika kita bawa ke konsep akuntabilitas kinerja menjadi sangat-sangat penting untuk dipahami.
Sama halnya dengan indikator kinerja untuk menilai keberhasilan instansi pemerintah. Bayangkan kalau misalya sasaran yang kita tetapkan adalah meningkatkan kualitas lingkungah hidup lalu kita menetapkan indikator kinerja jumlah kegiatan sosialisasi perundangaan tentang lingkungan hidup yang dilaksanakan, atau jumlah pohon yang ditanam untuk penghijauan. Bisakah alat ukur tersebut menilai keberhasilan pemda dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup? Itulah sebenarnya yang di maksud ayat 2 tentang tujuan penetapan indikator kinerja.

Lalu, apa kaitannya dengan RPJMD? Mari kita lihat pasal selanjutnya…

Pasal sepuluh menyatakan bahwa Indikator Kinerja Utama (IKU) digunakan untuk:
1. Perencanaan jangka menengah
2. Perencanaan tahunan
3. Penyusunan dokumen penetapan kinerja
4. Pelaporan akuntabilitas kinerja
5. Evaluasi kinerja instansi pemerintah
6. Pemantauan dan pengendalian kinerja pelaksanaan program-program dan kegiatan.

Jadi? IKU harus digunakan dalam penetapan RPJMD, Renja/RKPD, Tapkin, LAKIP, evaluasi kinerja dan pemantauan dan pengendalian kinerja. Hal ini sebenarnya setali tiga uang dengan konsep akuntabilitas itu sendiri yang dimulai dari dokumen perencanaan strategis hingga akhirnya bermuara pada LAKIP. Jika kita coba lihat pedoman evaluasi AKIP keterkaitan atau pemanfaatan IKU ini terlihat dengan jelas pada template penilaian implementasi SAKIP. Untuk detail bisa di download di webnya menpan tentang petunjuk teknis evaluasi AKIP nomor 13 tahun 2010.

Terjawab? Semoga (thanks pak Fahri atas Pertanyaan ta’)

One thought on “Apakah Indikator Kinerja Utama (IKU) menjadi dasar pembuatan RPJMD? Bukankah IKU merupakan”keturunan” dari TUJUAN DAN SASARAN?

  1. Menarik sekali pembahasan tentang IKU Pemda

    Indikator kinerja Daerah pada RPJMD mengacu pada 3 hal
    MDG,s
    Permendagri
    SPM
    Lalu apakah ada lagi indikator diluar dari 3 acuan tersebut
    kalo memang ada mohon bantuan contoh-contoh IKU diluar acuan tersebut

    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s