….karena hidup adalah petualangan…


Mungkin ide penamaan blog ini hampir sama dengan filosofi yang dibawa oleh salah satu iklan susu formula. Kalau kemudian saya menamakannya sebagai nama blog saya maka itu adalah bagian dari skenario Sang Pencipta yang mengantarkan saya kepada judul tersebut. Ya…sungguh dan karena sungguh hidup, buat saya, adalah petualangan. Bukan hanya petualangan secara fisik tapi secara alam pemikiran dan rasa yang terus mengembara mencari jawaban. Mungkin anda pun juga merasakan hal yang sama.

Kalau sebelumnya saya mengambil hikmah yang dikemukakan Emha Ainun Nadjib sebagai ‘rumah’ bagi seluruh tulisan saya, maka nama yang kini saya sematkan pun hakikatnya tak jauh berbeda dengan filosofi sebelumnya. Menggenggam tanah menjadi emas saya dapatkan dalam buku ‘Surat buat kanjeng Nabi’ entah berapa tahun silam namun maknanya begitu dalam. Intinya adalah bagaimana memaknai hidup, suasana, kejadian biasa menjadi sesuatu yang luar biasa. Tulisan saya pun lebih mencerminkan pada usaha menghubungkan kejadian sehari-hari yang terkadang sangat remeh temeh dengan teori-teori yang pernah saya pelajari selama hidup saya.

Bagaimana dengan ‘kisah petualangan’? Bisa dibilang tema tentang petualangan adalah episode ke dua dalam sejarah kepenulisan saya. Ya..karena proses tulis menulis yang saya jalani awalnya hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala. Namun, ternyata proses tulis menulis ibarat sebuah kisah petualangan pemikiran, rasa dan cita yang terus membubung seolah terus mencari dan mencari ide, gagasan, dan pemikiran baru untuk tetap tumbuh. Ia pun ibarat zat hijau daun yang mamungkinkan sebatang pohon untuk terus tumbuh dan berkembang karena proses fotosintesis membuatnya mampu memproduksi makanannya sendiri. Proses itu menjelma menjadi kisah petualangan pemikiran yang berkelana ke sana ke mari berjalan melintasi ruang dan waktu. Kisah petualangan itu pun diilhami dari ‘petualangan’ fisik yang memungkinkan saya untuk melakukan penjelajahan ke pelosok persada negeri.

Titik balik saya temukan kata ‘petualang’ itu adalah ketika saya menemukan sorot mata anak-anak muda dari daerah yang dianggap tertinggal; dari sosok guru yang berdedikasi; dari sosok lurah teladan yang mempunyai komitment untuk berbuat lebih dari sekedar amanah jabatan; dan dari seorang guru yang mampu menghidupkan bara semangat cinta lingkungan bagi anak-anak daerah pesisir. Titik balik itu pula yang kemudian membawa angan saya untuk berfikir tentang hakikat ‘petualang’. Ia pula lah yang membawa ingatan saya kembali ke masa kecil…masa-masa penuh kisah petualangan yang kalau saya bandingkan dengan masa anak saya sungguh membuat saya prihatin. Ya..kehidupan pedesaan jauh memberikan peluang untuk bersahabat dengan alam maski terkadang kaki harus tertusuk duri, tangan penuh luka terjatuh dari pohon, lutut tergores tanah berlarian bermain petak umpet. Tapi, sungguh itu tak pernah menghentikan kisah petualangan…karena petualangan ibarat candu yang akan mengikatkan hati seseorang pada sebuah makna bagaimana membuat hidup menjadi lebih hidup..

2 thoughts on “….karena hidup adalah petualangan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s