PARAIKATTE DAN SAYA

Sulit juga ternyata memelihara semangat untuk menghidupkan sesuatu yang sepertinya tidak memberikan kehidupan bagi kita. Bagaimana tidak, godaan untuk mencari sesuatu yang lebih memberikan manfaat material seringkali menyergap seperti tersenyum menebarkan pesonanya berupa lembaran-lembaran rupiah. Kalau bukan karena keinginan untuk menggapai cita-cita yang teramat tinggi untuk saya gapai, barangkali semangat itu sudah tidak tersisa tanpa bekas. Begitulah.. saya dan Paraikatte. Sebuah bulletin yang bersama dengan beberapa rekan selalu kami usahakan hadir meskipun terkadang terseok atau bahkan sesaat terkapar untuk kemudian tertatih-tatih mengais tenaga untuk kembali bangkit. Tapi dari situ jugalah justru saya dapat memahami dengan sepaham-pahamnya gagasan Mancur Olson tentang the logic of collective action yang pernah saya dengar, baca dan pelajari beberapa tahun silam. Waktu itu pemahaman saya tentang interest group, sebagaimana yang dibahas oleh Olson, sebatas hubungannya dengan proses pengambilan keputusan dalam pemerintahan terutama terkait dengan isu-isu politik. Hal ini mengingat Mancur Olson mendefinisikan interest group/pressure group/ lobby group sebagai:

A group of individuals that comes together to pursue some shared interest; usually wanting to influence government policy.

Ke-ngotot-an saya untuk menghidupkan Paraikatte pun tak ubahnya dengan apa yang dikatakan oleh Olsen tentang interest group. Ya…karena saya mempunyai interest akan hidupnya Paraikatte. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak tertarik untuk mengembangkannya itu tidak lebih dan tidak kurang hanyalah karena mereka tidak mempunyai interest apapun. Makanya, ada atau tidaknya Paraikatte tidak akan mempengaruhi ritme hidup mereka. 

Dalam konteks yang lebih luas, yang dinamakan sebagai shared interest tersebut tidaklah sebatas untuk mempengaruhi kebijakan. Pun tidak sebatas keinginan untuk memenuhi kepentingan-kepentingan individu yang cenderung menegasikan kepentingan umum. Tapi shared interset itu bisa juga diartikan sebagai driver yang mendorong kita untuk melakukan apapun, baik itu sesuatu yang positif ataupun negatif, yang mempunyai dampak untuk individu ataupun umum, ataupun yang dampaknya nanti baru terlihat di hari kemudian ataupun segera setelah seseorang melakukan sesuatu. Dengan kata lain, yang dimaksud dengan interest group tidak hanya para politisi tapi kita pun bisa disebut sebagai bagian dari interest group sepanjang kita memperjuangkan sebuah kepentingan.

Kembali kepada Paraikatte, saya pun memperjuangkan agar Paraikatte untuk tetap hidup karena ada suatu kepentingan. Paraikatte adalah sebuah wadah yang memberi ruang untuk penyaluran hobby menulis saya. Ia ibarat sebuah kolam dimana saya belajar merenangi kata-kata sebelum siap menerjuni lautan bebas yang akan mengombang-ambingkan argumentasi. Pun, ia adalah sebuah laboratorium yang sengaja kami ciptakan dimana kami bebas melakukan eksperimen ataupun mengekspresikan segala ide, gagasan bahkan kekecewaan. Itulah shared interest saya..

Leave a Reply

