FROZEN LAMP

Secara harfiah, frozen lamp berarti lampu yang beku. Istilah ini saya dapat dari MacAndrew Chua, rekan kerja selama di Bently. Menurutnya, frozen lamp adalah istilah populer di Philipina yang digunakan untuk melabeli seorang lulusan universitas internasional namun dia tidak bisa menerapkan ilmu yang telah didapatkannya sekembalinya ke negeri sendiri. Dengan kata lain, ilmu yang dikejar dan dipelajari tidak memberikan perubahan di lingkungan kerjanya ataupun masyarakat sekitarnya. Lama kelamaan, sang lulusan luar negeri tersebut kehilangan idealisme dan cita-citanya hingga akhirnya dia tenggelam dalam rutinitas-rutinitas yang mematikan kreatifitas dan melenyapkan ilmu pengetahuannya.

 

Saya fikir, frozen lamp bisa diartikan lebih luas dan dimaknai lebih dalam. Maksudnya, dia tidak perlu seorang lulusan universitas internasional. Dia bisa siapapun. Seseorang yang telah menuntut ilmu, apapun levelnya, bisa diibaratkan sebagai lampu yang seharusnya bisa mencerahkan. Memberi penerangan bagi lingkungan sekitarnya dengan ilmu yang telah didapatkan. Namun apa yang terjadi? Ketika dia memasuki lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan bidang keahliannya, kreativitasnya menjadi mati. Akibatnya, ilmu-ilmu yang telah dengan susah payah didapatkan di bangku kuliah musnah tanpa bekas.

 

3 thoughts on “FROZEN LAMP

  1. Yap, betul nung, sayang banget ya klo smp jadi frozen lamp.
    Tp gmn dong caranya biar ilmu yang kita miliki gak jadi nge-froz. Terutama klo ilmu yang kita dapat gak sesuai dengan bidang yang kita tekuni…? mungkin kamu bisa ambil contoh kasus pengalaman kamu sndiri, upaya2 apa yang kamu udah dan akan kamu lakukan to mencengah ilmu yang kamu dapat menjadi beku

  2. nung, ganti dong desain theme nya, jangan item ky gini, serem ah,
    sebetulnya bagus sh, klo kamu tambahin foto, jadi kelihatan kontras. pasang dong foto amira or foto2 km waktu di Australi. Biar kita yang baca juga ikut menikmati keindahan pemandanganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s